Microsoft Tidak Tertarik Lagi Membeli Yahoo



SYDNEY, JUMAT - Steve Ballmer buru-buru menolak rayuan Jerry Yang yang secara terang-terangan minta Yahoo dibeli Microsoft. CEO Microsoft itu dalam sebuah jamuan makan siang di Sydney, Jumat (7/11) menyatakan pihaknya sudah tidak tertarik lagi untuk berjuang mengakusisi Yahoo.

"Kami membuat penawaran, kami membuat penawaran lagi, dan sudah jelas bahwa Yahoo tidak ingin menjual bisnisnya kepada kami dan kami mundur," ujar Ballmer seperti dilansir AP. Karenanya, lanjut Ballmer, Microsoft tidak tertarik lagi mengambil langkah mundur dan mempertimbangkan lagi ambisi untuk mengambil alih Yahoo.

Saham Yahoo terus melorot dan pada sesi perdagangan terakhir sebesar 13,96 dollar AS per lembar saham. Padahal, enam bulan lalu Microsoft mengajukan penawaran untuk membeli Yahoo hingga penawaran tertinggi 33 dollar AS per lembar saham.

"Saya yakin masih ada kesempatan lain dalam bentuk kerja sama di bisnis pencarian, namun saya kira akuisisi merupakan masa lalu," ujar Ballmer. Ia juga memastikan bahwa Microsoft akan telah menyiapkan sistem pencarian terbaru yang lebih baik.

Ballmer menyatakan tampilan mesin pencarian tidak mengalami perubahan selam enam tahun. Menurutnya, masih ada kesempatan untuk membuat yang lebih baik. "Jika orang berpikir masa depan mesin pencarian seperti yang ada saat ini, itu gila," tegasnya.

Pernyataan Ballmer diberikan setelah CEO Yahoo, Jerry Yang, menyatakan keinginannya bernegosiasi kembali dengan Microsoft dalam konferensi Web 2.0 beberapa hari lalu. Yang mengatakan hal terbaik buat Microsoft saat ini adalah membeli Yahoo, pemain bisnis mesin pencarian terbesar kedua setelah Google. Pernyataan tersebut dikeluarkan Yang setelah kerja sama iklan dengan Google gagal disepakati karena terbentuk regulasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar