Ubuntu Masuki ‘Dunia’ Netbook

Designer chip mobile phone, Arm, telah mengumumkan aliansinya dengan perusahaan pembuat software open source, Canonical yang mengeluarkan Ubuntu Linux. Persetujuan ini akan menghasilkan sebuah versi system operasi baru untuk net-browsing computer kecil atau yang disebut netbook. Perjanjian ini diperkirakan akan menjadi langkah selanjutnya dari Arm, yang sebelumnya telah mendesain chip yang cukup populer, yang ada di dalam smartphone. System operasi baru tersebut akan diaplikasikan dalam chip dari Arm, yang diperkirakan akan hadir pada bulan April 2009.


Rob Coombs, director mobile marketing Arm, mengatakan bahwa pihaknya akan melihat kinerja Ubuntu versi terbaru tepat pada acara Computex, bulan Juni mendatang. Chip Arm tersebut akan didasarkan pada bentuk arsitektur Arm7, dan khususnya processor
Cortex A8 dan A9. “Arm akan beranjak ke format screen yang lebih besar.” kata Coombs.

Hasil netbook dari adanya chip Arm ini berupa screen yang berukuran diagonal 25cm atau 10inch dan sangat bagus ketika menjalankan video yang berkualitas, web browser, dan program Open Office. Hal ini sama saja, netbook dengan aplikasi chip Arm juga akan lebih tahan lama dalam urusan baterai, dibandingkan dengan notebook kebanyakan.

Sementara Jane Silber, sponsor komersial Ubuntu, menyatakan hal ini adalah pengembangan yang natural untuk Ubuntu, berawal dari permintaan manufaktur untuk sebuah teknologi berbasis Arm. Bentuk notebook kecil ini juga diperkirakan akan populer dan akan dicari orang banyak, juga menjadi saingan laptop XO dari OLPC (One Laptop Per Child) dan Eee PC dari Asus.

Arm memproduksi desain chip yang dibutuhkan oleh beberapa perusahaan, seperti perusahaan IT, Qualcomm dan sebagainya, yang telah beralih ke processor yang mampu menyimpan power 70 hingga 80 persen. Desain chip processor Arm juga masuk ke dalam smartphone, seperti G1, ponsel Android Google pertama. Arm dan Canonical akan mengembangkan versi desktop Ubuntu, yang special untuk notebool kecil dan berharga murah.

beritanet.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar