Button-Barrichello Kuasai GP F1 Australia



Senin, 30 Maret 2009

GP F1 Australia sebagai seri pembuka 2009 telah dikuasai kedua pembalap tim Brawn GP dengan finish 1-2. Jenson Button memenangkan lomba secara sensasional tanpa mendapat perlawanan selama 58 lap mengitari sirkuit sepanjang 5,303 km.

Ini kemenangan kedua Button selama karirnya di F1 yang sudah mengikuti lomba sebanyak 154 kali. Ia pertama kali menjuarai F1 di GP Hungaria pada 2006 bersama tim Honda. "Saya senang dan puas dengan penampilan Anda," bangga Ross Brawn kepada Button dan Rubens.

Ketika start, Button melesat dengan sempurna. Tim menerapkan dua kali pitstop dengan menggunakan dua jenis ban. Saat balapan awal, Button dipasangi ban komponen keras. Ketika masuk pitstop II saat balap tinggal 11 lap, tim memasang ban kompon lunak yang membuat dirinya semakin agresif di tikungan.

Sukses Button juga diikuti rekan setimnya, Rubens Barichello. Padahal, sebelum masuk pit melakukan pitstop terakhir di lap 51, ia sudah menduduki posisi ketiga. Saat masuk lintasan menduduki urutan kelima. Tak berapa lama, ia mampu menyalip Nico Rosberg dan menduduki urutan keempat. Tabrakan antara Sebastien Vattel dengan pembalap BMW Robert Kubica, memuluskan Rubens melesat ke urutan kedua diikuti Jarno Trulli di tempat ketiga.

Drama Senggolan

Ketika balapan tinggal menyisakan dua lap, pembalap BMW Robert Kubica coba menyodok Sebastien vettel. Sama-sama saling ngotot, senggolan pun tak terelakkan. Kedua pembalap tetap menyeret mobilnya ke lintasan dengan roda depan yang patah.

Drama "maut" Kubica dan Vettel telah mengubah posisi kemenangan. Lewis Hamilton menyodok di urutan keempat. Padahal, ia start dari posisi ke-18 akibat terkena sanki penurunan grid karena mengganti girboks. Namun dengan ketenangannya, juara dunia 2008 itu berhasil menyeret McLaren MP4-24 di urutan keempat di belakang Jarno Trulli

Sementara dua mobil Ferrari, tidak berhasil menyelesaikan lomba. Felipe Massa mengalami gangguan dengan mobil di lap ke-47. Di putaran yang sama, rekan setimnya, Kimi Raikkonen yang habis melakukan pitstop, mobilnya menabrak dinding pembatas.

Lomba di sirkuit Albert Park menempuh 58 lap, penuh dengnan adegan senggolan. Ketika start, masuk tikungan pertama diwarna adegan senggolan. Ruberns Barrichello yang menyodok dari dalam ketutup sama pembalap tuan rumah, Mark Webber. Serudukan pun tak terelakkan dan Webber harus masuk pit untuk ganti sayap depan.

Dua mobil F1 lainnya, Nick Heidfeld (BMW) dan Adrian Sutil (India) juga masuk pit. Mobil mereka mengalami pecah ban akibat terkena serpihan mobil saat senggolan.

Nasib apes dialami Heiki Kovalainen. rekan setim Lewis Hamilton itu hanya bisa mencicipi balapan selama tiga lap. Pembalap Finlandia itu harus memasukkan McLaren MP-4-24 ke pit akibat roda kiri depannya patah.

Balap sempat diwarnai kecelakaan yang dialami pembalap Williams-Toyota, Nakajima di lap 19. Mobilnya melintir menghantam dinding, membuat sfaety car harus ke luar.

Kesempatan ini dimanfaatkan pemimpin balapan Jenson Button mengisi bahan bakar di lap ke-20. Sebelumnya, rekan setimnya Rubens masuk lebih dulu ganti sayap depan akibat menyeruduk mobil Massa.

Saat lomba dimulai lagi pada lap ke-25, Nelson Piquet Jr bersama Renault menjelang masuk tikungnan pertama senggolan dengan Nico Rosberg. Tak bisa menguasai kendali, Piquet melintir dan mobil ke luar tikungan pertama cukup jauh masuk pasir, sehingga tidak bisa melanjutkan lomba.

Hasil Lomba
1 Jenson Button Brawn 1:34:15.784
2 Rubens Barrichello Brawn 0.807
3 Jarno Trulli Toyota 1.604
4 Lewis Hamilton McLaren 2.914
5 Timo Glock Toyota 4.435
6 Fernando Alonso Renault 4.879
7 Nico Rosberg Williams 5.722
8 Sebastien Buemi Toro Rosso 6.004
9 Sebastien Bourdais Toro Rosso 6.298
10 Adrian Sutil Force India 6.335
11 Nick Heidfeld BMW 7.085
12 Giancarlo Fisichella Force India 7.374
13 Mark Webber Red Bull at 1 lap
14 Sebastian Vettel Red Bull at 2 laps
15 Robert Kubica BMW at 3 laps
16 Kimi Räikkönen Ferrari at 3 laps
17 Felipe Massa Ferrari out
18 Nelson Piquet Renault out
19 Kazuki Nakajima Williams out
20 Heikki Kovalainen McLaren out

Tidak ada komentar:

Posting Komentar