PT Astra Honda Motor (AHM) hari ini pukul 12.00 WIB meluncurkan sosok wajah baru “The Ultimate Male Bike”, New Honda Tiger Revolution Cruiser, di Hard Rock Cafe, Entertainment X’ Center, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Seperti apa wajah baru motor Honda Tiger tersebut? Sudah dapat ditebak, khususnya bagi mereka yang sudah terima bocoran foto dari berbagai milis maupun forum internet, memang demikian wajah tersebut.
Dengan slogan “Legendary Ride, New Spirit”, Honda Tiger Revolution nyatanya masih mempertahankan diri di kelas di 200 cc. Tidak ada yang berubah dari sosok Honda Tiger Revo terdahulu yang sudah beredar di pasaran, kecuali bagian “lampu depan”, mengikuti gaya moge Eropa, model desain asimetris.
Menurut AHM, New Honda Tiger Revo diciptakan sebagai terobosan baru dengan konsep dan desain yang bernuansa sepeda motor besar ala Eropa. Dapat dipahami jika model lampu tersebut sepertinya mengikuti model lampu motor Ducati yang sudah banyak beredar di sekitar Jakarta.
1. Tampilan
Melihan sosok New Tiger kita sudah pasti mengatakan kalau secara keseluruhan Tiger baru lebih oke serta lebih macho dengan berbagai ubahan pada bagian-bagian tertentu.
2. Headlamp
Diantara perubahan, bagian inilah yang paling mencolok yaitu dengan diaplikasikanya model lampu asimetris dimana dalam kepala terdapat dua buah lampu dengan desain berbeda dengan lampu utamaberbentuk bundar serta lampu high beam berbentuk semi lancip mengingatkan kita akan motor Italia dan Amerika.
3. Tail Light
Lampu belakang juga mengalami perubahan, walaupun tidak signifikan tetapi perubahan pada New Tiger bisa lebih terlihat oke, dengan diterapkanya model lampu terpisah atas bawah dengan pengaplikasian lampu led 6 titik pada bagian atas yang digunakan sebagai lampu tanda pengereman.
4. Speedometer
Ternyata tidak hanya lampu kepala saja yang menganut paham asimetris, ternyata speedometer jugamenganut hal serupa dengan pilihan warna-warna yang terang.
5. Engine
Nah sektor inilah yang ditunggu oleh Tiger mania tanah air, mereka semua merindukan rombakan mesin Tiger yang benar-benar revolusioner, tapi apa boleh buat mesin tetap memakai mesin lama tapi dengan rasa yang berbeda yang masih dirasakan entakan tenaganya sampai gigi kelima. Dengan adanya penambahan berat dimana Tigerlama seberat 137 kg dan Tiger Baru 138 kg maka dalam tabel dibawah ini dirasa ada penurunan performa pada Tiger Baru ini.
SPESIFIKASI :
Panjang X lebar X tinggi ........... : 2.029 x 747 x 1.093 mm
Jarak sumbu roda ................... : 1327 mm
Jarak terendah ke tanah ............ : 155 mm
Berat kosong ....................... : 138 kg
Tipe rangka ........................ : Pola Berlian
Tipe suspensi depan ................ : Teleskopik
Tipe suspensi belakang ............. : Lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli
Ukuran ban depan ................... : 2,75 - 18 42L
Ukuran ban belakang ................ : 100/90 - 18 M/C - 56P
Rem depan .......................... : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang ....................... : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar ....... : 13,2 Liter
Tipe mesin ......................... : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
Diameter x langkah ................. : 63,5 x 62,2 mm
Volume langkah ..................... : 196,9 cc
Perbandingan kompresi .............. : 9,0 : 1
Daya maksimum ...................... : 16,7 PS / 8.500 RPM
Torsi maksimum ..................... : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
Kapasitas minyak pelumas mesin ..... : 1,0 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis ................... : Manual, Multiplate Wet Clutch
Gigi transmsi ...................... : 6 kecepatan
Pola pengoperan gigi ............... : 1-N-2-3-4-5-6
Starter ............................ : Elektrik Starter & Kick Starter
Aki ................................ : 12 V - 7 Ah
Busi ............................... : ND x 24 EP U9 / NGK DP8EA-9
Sistem pengapian ................... : CDI-AC, Magneto
Seperti apa wajah baru motor Honda Tiger tersebut? Sudah dapat ditebak, khususnya bagi mereka yang sudah terima bocoran foto dari berbagai milis maupun forum internet, memang demikian wajah tersebut.
Dengan slogan “Legendary Ride, New Spirit”, Honda Tiger Revolution nyatanya masih mempertahankan diri di kelas di 200 cc. Tidak ada yang berubah dari sosok Honda Tiger Revo terdahulu yang sudah beredar di pasaran, kecuali bagian “lampu depan”, mengikuti gaya moge Eropa, model desain asimetris.
Menurut AHM, New Honda Tiger Revo diciptakan sebagai terobosan baru dengan konsep dan desain yang bernuansa sepeda motor besar ala Eropa. Dapat dipahami jika model lampu tersebut sepertinya mengikuti model lampu motor Ducati yang sudah banyak beredar di sekitar Jakarta.
1. Tampilan
Melihan sosok New Tiger kita sudah pasti mengatakan kalau secara keseluruhan Tiger baru lebih oke serta lebih macho dengan berbagai ubahan pada bagian-bagian tertentu.
2. Headlamp
Diantara perubahan, bagian inilah yang paling mencolok yaitu dengan diaplikasikanya model lampu asimetris dimana dalam kepala terdapat dua buah lampu dengan desain berbeda dengan lampu utamaberbentuk bundar serta lampu high beam berbentuk semi lancip mengingatkan kita akan motor Italia dan Amerika.
3. Tail Light
Lampu belakang juga mengalami perubahan, walaupun tidak signifikan tetapi perubahan pada New Tiger bisa lebih terlihat oke, dengan diterapkanya model lampu terpisah atas bawah dengan pengaplikasian lampu led 6 titik pada bagian atas yang digunakan sebagai lampu tanda pengereman.
4. Speedometer
Ternyata tidak hanya lampu kepala saja yang menganut paham asimetris, ternyata speedometer jugamenganut hal serupa dengan pilihan warna-warna yang terang.
5. Engine
Nah sektor inilah yang ditunggu oleh Tiger mania tanah air, mereka semua merindukan rombakan mesin Tiger yang benar-benar revolusioner, tapi apa boleh buat mesin tetap memakai mesin lama tapi dengan rasa yang berbeda yang masih dirasakan entakan tenaganya sampai gigi kelima. Dengan adanya penambahan berat dimana Tigerlama seberat 137 kg dan Tiger Baru 138 kg maka dalam tabel dibawah ini dirasa ada penurunan performa pada Tiger Baru ini.
SPESIFIKASI :
Panjang X lebar X tinggi ........... : 2.029 x 747 x 1.093 mm
Jarak sumbu roda ................... : 1327 mm
Jarak terendah ke tanah ............ : 155 mm
Berat kosong ....................... : 138 kg
Tipe rangka ........................ : Pola Berlian
Tipe suspensi depan ................ : Teleskopik
Tipe suspensi belakang ............. : Lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli
Ukuran ban depan ................... : 2,75 - 18 42L
Ukuran ban belakang ................ : 100/90 - 18 M/C - 56P
Rem depan .......................... : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang ....................... : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar ....... : 13,2 Liter
Tipe mesin ......................... : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
Diameter x langkah ................. : 63,5 x 62,2 mm
Volume langkah ..................... : 196,9 cc
Perbandingan kompresi .............. : 9,0 : 1
Daya maksimum ...................... : 16,7 PS / 8.500 RPM
Torsi maksimum ..................... : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
Kapasitas minyak pelumas mesin ..... : 1,0 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis ................... : Manual, Multiplate Wet Clutch
Gigi transmsi ...................... : 6 kecepatan
Pola pengoperan gigi ............... : 1-N-2-3-4-5-6
Starter ............................ : Elektrik Starter & Kick Starter
Aki ................................ : 12 V - 7 Ah
Busi ............................... : ND x 24 EP U9 / NGK DP8EA-9
Sistem pengapian ................... : CDI-AC, Magneto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar