Netbook 12 inci Pertama di Dunia



Kamis, 18 Desember 2008

Jika selama ini Anda merasa kurang nyaman dengan layar netbook yang 8,9” atau 10”, sekarang ada pilihan lain. Delll Inspiron Mini 12 namanya. Sesuai namanya, layar LCD WXGA-nya berukuran 12,1” – lega bukan?

“Dell adalah yang pertama yang mengeluarkan netbook berukuran 12”. Sangat ringan dan ditujukan untuk browsing,” ungkap Willy Hendrajudo (Marketing Manager Consumer Business, Dell Asia Pacific Sdn, Indonesia Rep. Office).

Karena fisiknya lebih lebar dari semua netbook yang ada sekarang, keyboard Mini 12 ini juga lebih lebar. “Full sized keyboard,” kata Willy. Namun fasilitas Mini 12 lainnya tak beda dengan netbook lainnya: Webcam 1,3 megapixel, Bluetooth, Wi-Fi 802.11b/g, port VGA-out, port LAN, 3-in-1 card reader, dan tiga port USB. Bedanya yang ini prosesornya beda, yakni Intel Atom Z530. Yang juga berbeda adalah harddisk-nya yang bertipe 1,8”.

Akibat harddisk yang tipis itu, fisik netbook bersistem operasi Windows XP Home Basic ini bisa ditekan sampai hanya 2,4cm. Tipis, mirip MacBook Air. Karena tipis, tentu saja Mini 12 juga ringan. Bobotnya, kata Willy, sekitar 1,42kg. “Ringan, sehingga tidak ada alasan untuk tidak dibawa berpergian,” tukas Willy.

Dari sisi fisik, Mini 12 ini cantik. Casingnya mengilat (tersedia dalam dua pilihan warna: hitam dan putih), tetapi tidak cepat ternoda oleh jejak sidik jari pemegangnya. Sementara itu baterenya diklaim mampu bertahan sampai 4 jam. “Baterenya 3-cell, Tapi ada opsi batere 6-cell,” kata Rudy Sumadi (Business Development Director, Consumer Business, Dell Global B.V. Indonesia Branch).

Dell juga menyediakan storage online berkapasitas 2 – 25 GB secara gratis di Box.net selama 6 bulan bagi pemilik Inspiron Mini 12. Sayangnya, netbook ini cuma dilengkapi dengan RAM maksimal 1GB. “Tidak bisa di-upgrade karena ditanam (built-in). Harddisk-nya pun tidak bisa di-upgrade,” ungkap Willy.

Netbook Dell Inspiron Mini 12 sudah mulai dipasarkan dengan harga mulai US$ 799 (Rp 8,175 juta). Tahun depan, Dell menjanjikan akan merilis versi yang dilengkapi modul 3,5G HSDPA. “Versi dengan embedded modem akan dirilis pada kuartal pertama 2009,” ucap Rudy “Harganya mungkin lebih mahal sekitar US$ 100,” tambah Alex Goh (Director, Consumer Marketing SEA, Dell Global B.V. Singapore Branch).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar