Akses Internet dengan Ponsel CDMA Tipe 2000



Jum'at, 19 Desember 2008

Kehadiran CDMA 2000 telah mengubah sebuah layanan teknologi komunikasi menjadi semakin murah dan mudah. Kecepatan aksesnya pun termasuk yang tercepat di antara teknologi lainnya. Tak salah jika menggunakan teknologi ini memiliki banyak keuntungan dan keunggulan.

Dulu, orang mendefinisikan layanan teknologi CDMA adalah layanan komunikasi nirkabel yang memberikan sistem pentarifan murah. Namun sekarang pengertian tersebut mulai bergeser, layanan komunikasi data dengan kecepatan koneksi lebih cepat ternyata telah menganut sistem pentarifan berbanding lurus dengan berapa kapasitas data yang kita akses. Oleh karenanya teknologi CDMA saat ini seakan memberikan berbagai kemudahan dan keunggulan baik dari segi kualitas suara dan komunikasi data.

Pada awalnya, kemunculan teknologi Code Division Multiple Aaccess telah membawa angin segar bagi pengguna ponsel yang gemar melakukan komunikasi data. Sebelumnya, teknologi General Pocket Radio System (GPRS) merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk melakukan komunikasi data, namun penggunaannya dibebani tarif biaya dengan hitungan satuan waktu, beda yang diterapkan oleh teknologi CDMA yang menggunakan tarif persatuan Kilobyte.

Selama kurun waktu hampir satu tahun, perkembangan teknologi ini semakin menggairahkan, menyusul respon pengguna piranti wireless di tanah air yang sangat besar. Para penyedia layanan jaringan ini semakin tertantang untuk terus mengembangkan sistem jaringannya, sehingga lahirlah CDMA 2000 yang memiliki fitur-fitur unik dan menyajikan teknologi Noise Reduction, dimana dengan teknologi seperti ini dapat mensupport komunikasi data berkecepatan tinggi.

Perjalanan komunikasi nirkabel di negara kita boleh dibilang sangat menakjubkan seiring besarnya antusias pengguna teknologi komunikasi yang dilakukan secara nirkabel. Yang lebih menggembirakan lagi adalah para penyedia layanan jaringan, yang sangat diuntungkan dengan adanya perkembangan tersebut. Walhasil, sekarang penyedia jaringan banyak mengeluarkan berbagai layanan konten yang didukung dengan performa wireless network.

Kita ambil contoh Wireless Access. Untuk teknologi ini para penyedia jaringan telah berupaya untuk mengembangkan teknologi infrastruktur sehingga mampu mendukung layanan Wireless Access ini. Dari sini kebanyakan pengguna komunikasi data telah membandingkan wireless access dengan menggunakan fixed wireless access di komputer rumah. Situasi seperti inilah yang ditangkap para penyedia jaringan untuk memberikan layanan komunikasi data berkemampuan CDMA 2000. Kecepatan yang dimilikinya jauh lebih tinggi jika daripada menggunakan fixed access. Dan mengenai tarif, para pengguna tidak lagi terbebankan oleh biaya yang cukup mahal jika melakukan akses internet dengan piranti wireless. Salah satu kelebihan CDMA 2000 adalah mampu mendukung komunikasi data dengan kecepatan tinggi ditambah kemampuan akses yang besar. Jika ditangan Anda saat ini menggenggam ponsel CDMA, maka sebenarnya sudah sangat bagus untuk mengakses internet atau dijadikan modem untuk komputer karena teknologi CDMA 2000 memang diunggulkan dalam kemampuannya mengakses data. Sampai-sampai ada sebagian penggemar browsing sengaja membeli ponsel berjaringan CDMA hanya untuk melakukan komunikasi data saja.

Sebelum adanya teknologi CDMA, untuk melakukan komunikasi data orang menggunakan teknologi GPRS yang bergerak pada jaringan GSM. Dan masih kita ingat juga beberapa vendor ponsel telah memasukkan teknologi wireless application protokol yang memungkinkan bagi kita untuk melakukan komunikasi data hanya dengan piranti wireles melalui ponsel maupun PDA phone.

Sayangnya teknologi GPRS dirasa masih kurang mencukupi untuk bisa melayani kebutuhan komunikasi data yang kian hari menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Hal ini disebabkan karena lambatnya kemampuan koneksi. Sekarang sudah tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan asli akses atau kecepatan maksimum yang bisa dilakukan teknologi GPRS hanya 9.6 kbps. Hal ini sudah pasti akan segera ditinggalkan dengan adanya teknologi baru CDMA 2000 yang mampu menyuguhkan kecepatan hingga 70 kilobyte per second, jelas kemampuan akses CDMA 2000 ini lebih unggul.

Menjelajahi dunia tanpa batas memang sungguh mengagumkan, apalagi kita bisa melakukannya secara nirkabel. Jika berbicara komunikasi data dengan ponsel atau PDA phone, tentunya ada beberapa kemudahan yang akan kita dapatkan yaitu mengakses internet secara langsung, dalam artian piranti wireless bisa kita jadikan sarana browsing atau juga menjadikannya sebagai modem. Apapun pilihannya, yang jelas perkembangan teknologi komunikasi data sekarang sudah mampu untuk memberikan pencerahan kepada pengguna seluler. Hal ini didukung dengan tersedianya berbagai instrumen akses data nirkabel seperti perangkat teknologi CDMA 2000, sampai pada penyediaan jaringan untuk kebutuhan pengguna komunikasi data nirkabel.

Sekarang, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya secara maksimal. Yang pasti perkembangan komunikasi data nantinya akan semakin berkembang seiring semakin penuhnya kapasitas bandwitch yang tersedia. Padatnya pengakses dalam waktu yang hampir bersamaan, juga menjadi salah satu bukti semakin diminatinya teknologi ini. Kehadiran teknologi CDMA 2000 tentunya memberikan kemudahan akses data dengan kecepatan tinggi. Di masa mendatang tak salah jika teknologi ini akan banyak dilirik pengguna seluler di tanah air. Selamat mencoba.

Studio Handphone

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar