NAND flash single level cell (SLC)



Minggu, 21 Desember 2008

Harga USB flash disk makin murah. Namun, kadang-kadang kita khawatir tentang ketahanan peranti penyimpan itu. Jangan-jangan data di dalamnya tidak bisa diakses lagi karena flash disk mendadak tidak dikenali. Dan memang tidak jarang hal ini terjadi.

Produsen flash disk biasanya memang tidak dengan jelas menyatakan reliabilitas aktual perangkatnya. Biasanya usia aktual itu disebut sebagai 1 juta jam sebelum kegagalan meantime before failure (MTBF). Namun, angka ini tidak dengan jelas mengindikasikan berapa lama sebenarnya flash disk akan bertahan hidup.

Untunglah. kita sudah boleh bernapas lebih lega. Micron dan Sun telah mengembangkan teknologi NAND flash single level cell (SLC) yang dapat memperpanjang usia media penyimpan berbasis flash itu sampai 1 juta siklus tulis. Menurut keduanya, angka itu merupakan angka tertinggi di pasar saat ini.

"Kami berharap teknologi ini bisa merevolusi hierarki storage enterprise dan diadopsi oleh beragam aplikasi yang intensif transaksi, termasuk solid state disk (SSD) dan sistem storage, disk caching, maupun aplikasi jaringan dan industri,” kata Brian Shirley, Vice President Micron Memory Group.

Saat ini Micron sedang mencoba kapasitas NAND enterprise barunya sampai 32 GB. Produksi massalnya sendiri diperkirakan pada kuartal pertama tahun 2009. Micron juga berencana mengenalkan versi enterprise SLC dan multi-level cell (MLC) pada proses NAND 34 nm-nya awal tahun depan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar