Membuat Hiasan Menarik di Linux



Minggu, 14 Desember 2008 | 03:55 WIB

Scribus layak diandalkan untuk pekerjaan layout yang menggunakan sistem operasi Linux. Meski fasilitasnya belum sekompleks Adobe InDesign dan belum kompatibel pula dengan tandingannya di sistem Windows tersebut, namun bukan berarti miskin kreasi.

Dalam contoh singkat ini, PCplus akan menampilkan bagaimana caranya membuat hiasan sederhana yang dapat mempercantik tata letak halaman. Ayo, kita mulai!

1. Pada halaman baru atau halaman yang akan diberi hiasan, klik tombol Insert Shape dan pilih bentuk lingkaran seperti yang tampak di gambar contoh. Klik-tarik (drag) pointer pada area kerja, dan jadilah. Agar bentuknya proporsional, tekan dan tahan tombol Ctrl saat men-drag pointer.

2. Warna standar yang langsung terlihat adalah hitam. Mari kita utak-atik agar tampil sesuai keinginan. Klik menu Windows > Properties.

3. Panel Properties melayang di layar kerja. Di dalamnya terdapat aneka palet. Mari klik palet Line. Untuk menghilangkan outline pada bentuk yang Anda ciptakan, ganti nilai pada opsi Line Width menjadi 0.0.

4. Beralih ke palet Colors. Pilih warna yang Anda inginkan untuk bentuk tersebut, lantas atur Opacity bila perlu. Guna memperlembut warna, kami turunkan nilai opacity ke 75%.

5. Lihat, bentuk tersebut kini berubah warna. Outline-nya pun hilang, sehingga secara keseluruhan terkesan lebih lembut. Bila belum puas dengan hasilnya, silakan utak-atik kembali warna dan nilai opacity.

6. Sekarang, salinlah gambar tersebut enam kali sampai jumlah seluruhnya menjadi tujuh buah bentuk. Susunlah menyerupai mahkota bunga dengan enam helai daun bunga.

7. Satukan semua bentuk lingkaran tadi. Caranya, drag pointer di sekelilingnya sampai muncul kotak-kotak seleksi berwarna merah. Klik-kanan di atasnya, lantas pilih Group. Aksi ini dapat Anda lakukan juga dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + G.

8. Salin lagi beberapa kali, lalu bedakan ukurannya--mulai dari yang besar hingga yang kecil. Kembangkan kreativitas Anda untuk membuatnya lebih menarik.

9. Cara lain untuk membuatnya kian menawan adalah dengan membedakan warna masing-masing bentuk. Karena sudah menjadi satu group, tinggal klik bentuk yang akan diubah warnanya, lalu atur melalui palette Colors.

PCplus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar