CARA JITU SELAMAT DARI ANCAMAN VIRUS



Want to find your love mates!!! Try this its cool... Looks and Attitude Maching to opposite sex (Mencari Pasangan Hidup ??? .... Cobalah program ini yang mencari dan mencocokkan sifat untuk mendapatkan lawan jenis). Lalu Johny mengklik attachment "Matcher.exe". Ternyata, bukan pasangan hidup yang didapatkan Johny tapi "Surat Peringatan" dari perusahaannya karena menyebarkan virus dan mengakibatkan mailserver perusahaannya menjadi kelebihan beban dan tidak berfungsi.

Virus Matcher kembali menggunakan trik yang mirip dengan virus Anna Korunikova, yang mencatut nama petenis cantik dari Rusia supaya penerima virus tertarik untuk mengklik attachment (lampiran) pada email. Trik tersebut masih saja ampuh mengakali para pengguna internet terbukti dengan banyaknya korban dari kedua virus tersebut di seluruh dunia.
Mungkin anda bertanya, apa yang dimaksud dengan virus. Virus adalah program (umumnya berukuran kecil) yang mempunyai kemampuan menggandakan dirinya sendiri ke komputer lain dan biasanya merugikan komputer yang terinfeksi virus, dari hanya menampilkan beberapa pesan, melakukan pengiriman dirinya sendiri melalui email sampai dengan merusak / memformat harddisk komputer korbannya. Pada awal munculnya virus, penyebarannya melalui pertukaran data yang umumnya melalui media disket. Sekarang, karena adanya internet penyebaran virus mencapai kecepatan dan radius yang luar biasa karena memanfaatkan media internet seperti email, IRC (Internet Relay Chat) atau website. Jadi tidak mengherankan kalau virus yang hari ini menyebar di Amerika keesokan harinya sudah ada di komputer anda.
Makin hari virus semakin canggih, anda tidak bisa menghilangkan virus dengan menghapus file yang terinfeksi atau menginstall ulang semua program anda karena program virus sekarang mempunyai kemampuan menyembunyikan dirinya sendiri dan juga mengubah registri windows dimana bagi pengguna komputer awam agak rumit dan beresiko mengutak atik registri karena kesalahan sedikit saja dalam registri dapat menyebabkan windows menjadi kacau atau hang.
Tindakan preventif yang dapat anda pertimbangkan adalah menginstall program antivirus terbaru dan selalu melakukan update secara teratur minimal sebulan sekali. Hal ini sangat perlu dilakukan karena setiap bulan muncul sekitar 1.000 virus baru (lihat di www.sophos.com) dimana seperti kita ketahui, antivirus juga merupakan program, hanya saja tugasnya adalah menjaga komputer dari serangan virus dan jika suatu virus baru muncul, pencipta virus akan berusaha untuk mengelabui program antivirus yang sudah ada. Contoh yang telah terjadi adalah virus MTX.worm, virus ini dapat memblok komputer yang terinfeksi melakukan akses ke website Antivirus seeprti Mc Afee, Norton dan AVP sehingga program antivirusnya tidak terupdate dan tidak dapat mengenali apalagi membasmi si virus.

Apa yang anda khawatirkan ketika anda mengetahui komputer anda terinfeksi virus ? Software, hardware atau data anda ?
Kalau software rusak, anda dapat melakukan penginstallan kembali dan kerugian yang anda derita adalah waktu yang hilang untuk menginstall dan kerugian karena komputer tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika hardware yang rusak, anda akan mengalami kerugian sama seperti software ditambah dengan kerugian materi hardware yang rusak. Namun jika anda mengalami kerusakan / hilangnya data, kerugian yang anda alami kemungkinan lebih besar karena data sifatnya tidak seperti program yang kalau hilang dapat diinstall kembali. Data keuangan perusahaan, data pelanggan, data transaksi dan surat menyurat merupakan aset yang tidak ternilai dan tak tergantikan, karena itu harus di kelola dan dilindungi dengan baik.

Sebenarnya ancaman terhadap hilangya data tidak datang dari virus saja, tetapi juga dari kerusakan harddisk secara fisik (karena jatuh, terbakar, tersambar petir atau kebanjiran), hilang secara fisik karena pencurian maupun karena kesalahan teknis seperti salah format atau tidak sengaja terhapus.
Karena itu, jika anda memiliki data yang anda anggap penting atau setidaknya jika data tersebut hilang atau rusak berpotensial menyebabkan kerugian bagi anda atau perusahaan tempat anda bekerja, sebaiknya anda melakukan tindakan preventif sebagai berikut :

• Install antivirus terbaru dan update definisi virusnya secara teratur (makin sering makin baik, sebaiknya sebulan dua kali atau lebih). Ingat, karena virus baru selalu bermunculan setiap hari dan mampu mengelabui antivirus yang sudah ada maka antivirus yang terbaik adalah antivirus yang selalu di update.
• Lakukan back up pada data anda secara teratur di media yang berbeda dengan harddisk dan sebaiknya disimpan dilokasi yang berbeda dengan komputer anda. Misalnya back ip komputer kantor pusat disimpan di kantor cabang dan sebaliknya untuk berjaga-jaga kalau terjadi sesuatu terhadap komputer, back upnya masih ada.
• Lakukan penyempurnaan atas program-program yang mempunyai celah keamanan (security hole) yang memungkinkan masuknya virus, seperti melakukan update atas security hole Internet Explorer & Outlook Express 4.0 dan 5.0 di http://www.microsoft.com/technet/security/bulletin/ms99-032.asp.
• Jangan sembarangan membuka attachment email, apalagi kalau filenya executeable seperti .exe atau .vbs sekalipun email dikirim oleh orang yang anda kenal karena virus mampu menggunakan MAPI (program otomatisasi email) untuk mengirimkan dirinya sendiri pada alamat yang tercantum di address book. Perkembangan terakhir yang cukup mengejutkan adalah kemampuan virus untuk mengambil subjek email diambil dari subjek email yang sudah ada, seakan-akan si pengirim menyambung email terdahulu.
• Pantau perkembangan penyebaran virus seperti mengikuti mailing list penyebaran virus antivirusclub@yahoogroups.com, vaksin@yahoogroups.com newsgroup virus alt.comp.virus sehingga anda tahu ancaman virus baru dan tidak ikut menjadi korban.
• Jika anda menerima banyak email dengan attachment setiap hari, ada baiknya terlebih dahulu mengecek email anda menggunakan browser http://www.thatweb.com atau http://www.pandawa.com dan anda dapat menghapus email dengan attachment yang mencurigakan tanpa perlu mendownload ke komputer anda. Beberapa provider lokal seperti CBN.net, Indosat.net, Radnet dan Link.net juga menyediakan fasilitas akses pop mail pelanggannya menggunakan browser.
• Jika anda mempunyai account dial up, sebelum koneksi ke internet, ada baiknya anda melihat folder "Outbox" di program email anda, karena setiap email yang dikirimkan oleh virus, akan mengantri di sini menunggu untuk dikirim pada saat anda melakukan koneksi ke internet.
• Nonaktifkan Windows Scripting Host (WSH), hal ini berlaku untuk Win95, 98, ME, NT dan Windows 2000.

Katakan, anda sudah melakukan langkah-langkah preventif di atas atau karena anda belum melakukan langkah-langkah preventif tersebut data pada komputer anda hilang tak berbekas dan anda tidak memiliki back upnya. Anda boleh marah-marah dahulu, tapi apakah sudah saatnya melempar handuk putih pertanda menyerah dan merelakan kepergian sang data tercinta ??

Jawabannya mungkin ya, mungkin tidak.
Anda boleh menyerah kalau harddisk mengalami kerusakan secara fisik atau hilang dicuri. Namun jika harddisk rusak karena virus atau karena tidak sengaja terhapus / terformat, masih ada harapan untuk menghidupkan kembali sang data. Gunakan software Data Recovery atau kalau anda masih awam, mintalah bantuan teknisi komputer yang ahli dan berpengalaman dalam menyelamatkan data anda dan sebaiknya jangan lakukan sendiri jika anta tidak mengerti benar-benar bagaimana mengembalikan data yang hilang karena kalau terjadi kesalahan bukan data anda yang selamat, tapi benar-benar hilang dan 100 % tidak dapat diselamatkan. Ingat, jangan menjalankan windows pada harddisk yang datanya hilang apalagi menginstall program baru pada harddisk tersebut. Anda akan kehilangan peluang untuk mendapatkan data yang hilang.

Piye jal......

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar