Perbedaan Dual Core sama Core 2 Duo




Senin, 15 Desember 2008


Dual Core berarti sebuah prosesor yang memiliki dua buah inti atau inti ganda. Contohnya adalah seperti Pentium D dan Core Duo atau Core 2 Duo dari Intel dan Athlon 64 X 2 dari AMD. Sedangkan Core itu penamaan terbaru prosesor Intel menggantikan brand “Pentium” yang sudah nggak dipake lagi. Jadi, setelah mereka meluncurkan prosesor Core, terus generasi keduanya setelah Core itu ya Core 2, seperti layaknya dulu ada Pentium dan Pentium II, dan seterusnya.

Dua itu menandakan bahwa prosesor tersebut menggunakan dua buah Core / inti (Dual Core). Kalau yang cuma menggunakan satu buah Core / inti, namanya jadi Core 2 solo, sedangkan yang menggunakan 4 buah Core / inti, namanya adalah Core 2 Quad.
Core 2 Quad jelas lebih cepat ,logikanya : cepat mana makan 10 piring dengan 2 orang atau 4 orang ? ( diasumsikan semua orang berkemampuan sama ) sudah jelas 4 kan ?
Prosesor Dual Core Intel sendiri sudah dimulai pada akhir era Pentium yaitu prosesor yang disebut dengan Pentium D ( Pentium Dual ). Bila pentium D menggabungkan dua buah pentium, maka Core 2 Quad menggabungkan dua buah core 2 Duo. Adapun core 2 Duo sendiri sudah merupakan prosesor dual core.
ney gambar processor core 2 quad.....



Secara teknis, kalau dari klaimnya Intel, Core 2 Duo itu lebih hemat daya sampai 40 persen dibandingkan dengan prosesor Dual Core pendahulunya dan juga memiliki kinerja yang 40 persen lebih cepat. Selain itu, cache L2 yang lebih besar juga sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru, kalau nggak salah disebut smart cache, yang membuat kinerjanya jadi lebih baik lagi.

2 komentar:

  1. Cahe itu memorinya prosesor..fungsinya untuk menyimpan data sebelum diambil kerja prosesor.Sama seperti fungsi hardisc. bedanya kalo cahe itu ibarat kulkasnya kalo hardisc ibarat gudangnya.Dengan L2 cahe ibarat punya dua kulkas.Jadi kalo prosesor mau masak dia gakan buru buru kehabisan bahan karena punya dua kulkas
    gak usah lari lari kegudag.mending kalo gudangnya dekat dan tidak musim ujan.ukuran volume kulkas bisa berbeda 512mb pe 2Gb.Perkara irit energi pada core2duo dibanding dual core..adalah karena c2d mampu meng efesienkan kinerja prosesor dlm mengelola energinya kalo daya yg dibutuhkan <50% dia cukup gunakan satu inti.pada dual core kegiatan serupa akan tetang menggunakan energi lisrik 100%. Itulah kenapa C2D lebih gegas kinerjanya dan hemat daya dibanding DC ato P4.

    BalasHapus